Minggu, 15 Mei 2016

Air Terjun Tretes Wonosalam Jombang


Air Terjun Tretes adalah air terjun yang berada di kecamatan Wonosalam, Kabupaten Jombang, Jawa Timur. Objek wisata alam ini mulai dikenal dan dikunjungi banyak wisatawan, tidak hanya wisatawan dari daerah sekitar tetapi juga wistawan dari luar kota. Ketinggiannya yang mencapai 158 meter membuatnya terlihat eksotis dan menarik banyak wisatawan untuk datang. Air tejun ini terletak di Kawasan Tahura Raden Soerjo dan dataran tinggi sehingga nampak begitu alami ditambah udaranya yang sejuk dan dingin.





Untuk aksesibilitas, dari pertigaan kecamatan Mojoagung, Jombang, jalan lurus ke arah selatan menuju kecamatan Wonosalam. Sesampainya di pertigaan yang terdapat petunjuk arah jika belok kanan menuju kecamatan Bareng, dan jika lurus terus menuju kecamatan Wonosalam. Penulis sarankan untuk melewati jalur wilayah Bareng karena aksesibilitas yang lebih mudah dan tidak banyak tanjakan-tanjakan curam. Ikuti terus jalur ini sampai di pertigaan kecamatan Bareng belok kiri, mulai dari sini kalian harus berhati-hati dan tetap fokus berkendara karena terdapat beberapa tanjakan-tanjakan curam dan berkelok. Ikuti terus rute ini sampai kalian masuk desa Galengdowo yang berarti kalian hampir sampai di objek wisata ini. Terdapat patokan bertuliskan air terjun Tretes, lurus sedikit dan area parkir berada di sebelah kanan jalan. Jika kalian berasal dari Jombang, dari pertigaan Pasar Ngoro belok kanan menuju Kecamatan Bareng. Ikuti terus rute ini sampai masuk Desa Galengdowo.

Wisata alam ini cocok buat kalian yang suka berpetualang. Karena, sesampainya di tempat parkir kalian akan berjalan sejauh 3 km untuk sampai di kawasan air terjun. Kalian akan melewati jalan setapak selebar 1,5 meter dan jurang disekeliling kalian. Tetap berhati-hati dan jangan paksakan diri jika kalian merasa lelah istirahatlah sementara menikmati keindahan alam, terdapat juga penduduk sekitar yang menjual makanan dan minuman. Untuk kalian yang tidak ingin berjalan, ada beberapa orang yang menawarkan jasa ojek untuk mengantarkan kalian dengan tariff Rp. 20.000,00 per orang. Setibanya di post wisata kalian harus membeli tiket seharga Rp. 10.000, 00 per orang sebelum melanjutkan perjalanan. Penulis sarankan untuk membawa banyak makanan dan pakaian yang dapat melindungi kalian dari udara dingin. Dan yang paling penting tetap utamakan keselamatan kalian dan tetap lestarikan alam.


1 komentar:

  1. Ulum. Menarik sekali paparannya...sangat "ulum" banget..penjelasannya sudah runtut..mantab..tarik terus

    BalasHapus