Jumat, 06 Mei 2016

Coban Watu Ondo: Air Terjun Menakjubkan di Kawasan Pacet Mojokerto



Coban Watu Ondo adalah salah satu objek wisata di Jawa Timur. Objek wisata ini terletak di kabupaten Mojokerto, tepatnya kecamatan Pacet, Jawa Timur. Masyarakat secara umum menyebutnya “air terjun kembar” karena terdapat dua air terjun dalam satu objek wisata. Kedua air terjun ini sangatlah unik karena memiliki dua sumber mata air yang berbeda yang bertemu dalam satu tempat. Nama “Coban Watu Ondo” terdiri dari tiga kata dalam bahasa Jawa. Coban yang berarti air terjun, watu yang berarti batu, dan ondo yang berarti tangga. Nama Coban Watu Ondo diambil dari sebuah sejarah dimana sebelum jalan utama yang menghubungkan kabupaten Mojokerto dan Kota Batu dibangun terdapat jalan setapak berbatu – batu yang menghubungkan kedua wilayah yang melawati kawasan air terjun ini. Air terjun Coban Watu Ondo berada di Kawasan Taman Hutan Raya Raden Soerjo (Tahura Raden Soerjo) yang merupakan kawasan hutan konservasi sehingga keberadaan flora dan fauna maupun ekosistemnya masih terjaga dan alami.




Terdapat beberapa rute jika ingin mengunjungi objek wisata ini. Kalian yang berasal dari Jombang, Mojokerto, ataupun Surabaya. Cukup ikuti saja petunjuk jalan yang menunjukkan arah Kecamatan Pacet, sebelum memasuki kawasan Pacet kalian terlebih dahulu akan melalui Kecamatan Dlanggu. Mulai dari sini jalannya akan terus menanjak karena itu kalian diharapkan untuk tetap fokus bekendara dan berhati-hati. Sampai di pertigaan kecamatan Pacet belok kanan menuju arah Cangar atau Batu. Kalian akan melewati rute yang curam sebelum melewati sungai yang lumayan besar yaitu Kali Kromong. Ada baiknya kalian beristirahat sejenak, sementara mendinginkan mesin karena perjalanan menuju objek wisata masih lumayan jauh dengan rute yang yang menanjak dan berkelok-kelok. Kira-kira memakan waktu sekitar 40 menit tiba di objek wisata ini. Kalian akan melewati Kawasan Tahura Raden Soerjo yang dingin ditambah dengan tanjakan dan jurang yang curam oleh karena itu kalian harus extra waspada dan berhati-hati. Kawasan hutan ini masih liar dan alami. Kalian akan menemukan kawanan kera disamping jalan yang berarti kalian hampir tiba di objek wisata ini. Jika kalian berasal dari Jombang, Mojokerto, atau Surabaya, objek wisata ini berada di samping kiri jalan. Jika kalian berasal dari Batu atau Malang, cari petunjuk jalan arah Cangar atau Pacet dengan jalan yang akan terus menurun. Ikuti terus jalan ini sampai kalian menemukan sebuah banner yang bertuliskan “Air Terjun Watu Ondo” di sebelah kanan jalan.



Sebaiknya persiapkan diri kalian dengan baik sebelum berkunjung di tempat wisata ini. Jangan khwatir dengan biaya tiket masuk. Biaya tiket masuk masih tergolong murah yaitu Rp. 10.000,00 per orang untuk wisatawan domestik dan Rp. 25.000 untuk wisatawan mancanegara (belum termasuk biaya parkir). Pertama yang harus kalian persiapkan adalah kondisi kalian. Pastikan kalian dalam kondisi yang baik karena rute yang dilalui sulit dan membutuhkan tenaga yang extra untuk melaluinya. Tidak cukup dengan itu, kalian harus memiliki kemampuan berkendara yang baik. Jika kalian melalui rute yang sangat curam pastikan kendaraan kalian berada dalam gigi 1. Jika kalian mengendarai motor lakukan sedikit gerakan zig-zag ke kiri-kanan untuk menghindari mesin cepat panas. Kedua, pastikan kalian membawa konsumsi yang cukup karena dalam perjalanan kalian akan melalui kawasan hutan liar yang hanya terdapat pepohonan , jurang, dan kawanan kera liar. Ketiga, pastikan kalian membawa jaket, syall atau pakaian lain yang dapat melindungi kalian dari suhu dingin karena suhu yang dingin membuat kalian tidak fokus berkendara. Keempat tetap lestarikan alam karena segala hal yang ada di kawasan Coban Watu Ondo dilindungi karena merupan kawasan hutan koservasi. Dan yang paling penting tetap utamakan keselamatan diri kalian.




3 komentar: