Jumat, 27 Mei 2016

Keindahan Coban Rondo Malang



Coban Rondo adalah destinasi wisata air terjun yang terletak di desa Pandesari, Kecamatan Pujon, Kabupaten Malang. Nama “Coban Rondo” diambil dari sebuah sejarah Jawa yang menceritakan seorang istri yang diasingkan suaminya ke sebuah air terjun untuk menghindarkannya dari peperangan, dan kemudian sang suami meninggal dalam peperangan itu yang menyebabkan sang istri menjadi janda atau “rondo” dalam bahasa Jawa. Dibalik sejarahnya yang memilukan, destinasi ini memiliki pesona alam yang sangat eksotis. Berada di ketinggian 1135 MDPL, suhu terasadingin dan sejuk khas daerah pegunungan ditambah lagi aksesibilitas yang mudah membuat para wisatawan baik domestik maupun mancanegara berbondong-bondong mengunjungi destinasi wisata ini. Coban Rondo memiliki ketinggian 84 meter, meskipun tidak terlalu tinggi air terjun ini sangatlah indah untuk dinikmati. Deburan airnya yang menyejukkan membuat nyaman para wisatawan.




Untuk menuju ke Coban Rondo dari wilayah Jombang, Kediri, dan sekitarnya dari pertigaan pasar Kandangan ambil arah Malang/ Batu, ikuti terus rute ini sampai masuk kabupaten Malang tepatnya kecamatan Kasembon. Sebaiknya kalian beristirahat sejenak disini guys karena perjalanan masih lama, dan melalui daerah hutan yang panjang sebelum memasuki pemukiman lagi di daerah Selorejo. Dari kecamatan Kasembon kalian cukup mengikuti rute. Tetaplah fokus dan berhati-hati dalam berkendara ya guys karena mulai dari sini banyak jalan yang berkelok-kelok. Setelah melewati daerah Selorejo kalian akan masuk ke kecamatan Pujon, Terdapat tulisan “Selamat Datang di Wisata Coban Rondo” di samping kanan jalan sebelum tikungan yang menuju kota Batu yang berarti kalian sudah sampai di desa Pandesari. Sekitar 5 menit memasuki desa Pandesari, tepatnya di loket masuk kalian harus membeli tiket seharga Rp. 15.000 per orang untuk wisatawan domestik dan Rp. 20.000 untuk wisatawan mancanegara (belum termasuk ongkos parkir). Di pertengahan jalan menuju air terjun kalian bisa melihat keindahan kota Batu dari ketinggian guys, sungguh menarik bukan? Hehehe. Sekitar 10 menit kalian akan memasuki kawasan air terjun. Parkir kendaraan kalian, dan besiap menuju air terjun yang dapat ditempuh kurang lebih 5 menit.



Sebenarnya ini adalah kali kedua penulis berkunjung ke Coban Rondo guys. Sejenak menghilangkan keluh kesah di dada, hhahay. Dilihat dari jumlah wisatawan Coban Rondo bisa dibilang yang paling famous dari beberapa wisata air terjun yang penulis kunjungi. Mungkin karena terkenalnya kabupaten Malang sebagai tujuan wisata favorit ya guys. Menikmati udara sejuk dan hantaman rintik-rintik air di wajah membuat pikiran penulis kembali fresh, hehe. Untuk fasilitas di Coban Rondo bisa dibilang lengkap guys, seperti toilet, rest area, dan beberapa tempat yang menjual konsumsi dan oleh-oleh. Oh ya, di kawasan air terjun masih terdapat banyak kera yang berkeliaran guys, sebaiknya kalian berhati-hati walaupun mereka terlihat terbiasa dengan pengunjung. Dan yang paling penting tetap utamakan selamat apalagi di musim hujan debit air akan sangat deras.


Beberapa foto yang penulis ambil:










jika di daerah kalian mempunyai destinasi wisata yang menarik, jangan ragu-ragu untuk berbagi dengan penulis ya guys. Komentar kalian akan sangat berarti, see you :D

2 komentar: